Pelaksanaan Kegiatan Teknis Bid. Wil. I Madiun


Pelaksanaan Kegiatan Teknis di Bidang Wil. I Madiun :


A. Perlindungan Hutan (Linhut)

A.1   Patroli Pengamanan Kawasan Konservasi

Patroli pengamanan kawasan difokuskan pada kawasan konservasi yang ada di Bidwil I Madiun seperti CA Manggis, CA Besowo, CA Gunung Sigogor, CA Gunung Picis dan CA Goa Nglirip.  Kegiatan ini diharapkan nantinya dapat menekan dan mengurangi pelanggaran yang terjadi di masyarakat.

A.2   Operasi Intelegensi

Bidwil I  Madiun telah melaksanakan operasi intelegensi di Kab. Kediri, Kab. Ponorogo, Kab. Bojonegoro dan Kab. Blitar.  Dari hasil operasi ini diketahui bahwa masih banyak masyarakat yang memelihara dan memiliki satwa liar yang dilindungi undang-undang.  Tujuan mereka memiliki  dan memelihara satwa liar ini adalah sebagai hewan peliharaan dan penyaluran hobi. Kebanyakan dari masyarakat mengaku belum mengetahui bahwa satwa yang mereka pelihara merupakan satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang, dan bisa dijerat dengan hukuman lima tahun penjara dan denda 100 (seratus juta rupiah) bagi siapa saja yang mengoleksinya baik dalam keadaan hidup maupun mati.

A.3   Sarana dan Prasarana di Kawasan Konservasi

Bidwil I  Madiun telah memiliki pos jaga di CA Manggis, CA Besowo, CA Goa Nglirip dan di CA Gunung Picis.  Rencananya akan segera dibangun pos jaga di CA Gunung Sigogor, namun  saat ini masih dalam taraf survei lokasi. Tujuan dibangunnya  pos jaga ini adalah untuk lebih mengefektifkan proses perlindungan hutan dari gangguan.


B. Konservasi Kawasan (KK)

B.1   Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat di Sekitar Kawasan Konservasi

Kegiatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat dilaksanakan di CA Besowo dan CA Gunung Sigogor. Namun hasil dari evaluasi program ini terlihat bahwa bantuan belum menunjukkan hasil yang memuaskan (belum ada peningkatan penghasilan tambahan masyarakat).

B.2   Lembaga Masyarakat Desa Hutan

Di sekitar  kawasan Cagar Alam Manggis Besowo terdapat Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) ”ADIL SEJAHTERA” yang bertujuan membantu menjaga keutuhan dan kelestarian kawasan konservasi.

B.3 Konservasi Keanekaragaman Hayati

Dalam rangka konservasi keanekargaman hayati di dalam dan di luar kawasan konservasi telah dilaksanakan penilaian potensi, identifikasi maupun inventarisasi TSL.


C. Pemanfaatan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL)

C.1   Penangkaran

Di Bidwil I  Madiun perkembangan jumlah penangkar dan calon penangkar cukup banyak, saat ini terdapat 35 penangkar/calon penangkar satwa yang dilindungi undang-undang maupun satwa liar yang tidak dilindungi UU.

C.2   Pengedar TSL

Saat ini di Bidwil I  Madiun terdapat 10 (sepuluh) pengedar TSL DN dan 2 (dua) calon pengedar LN.

C.3   Lembaga Konservasi

Saat ini di Bidwil I  Madiun terdapat 4 (empat) lembaga konservasi/calon lembaga konservasi.